Pandangan Bank of England tentang Uang dan Penciptaan Uang di Dunia Modern

Screen-Shot-2014-03-12-at-15.47.42-650x300

Dari manakah uang berasal?  Dalam ekonomi modern, kebanyakan uang diambil dari deposit bank. Tetapi seringkali bagaimana uang itu ada dalam deposit bank dikelirupahami, misalnya saja dengan mengatakan “dari gaji yang bulanan dibayarkan setiap tanggal 25”. Itu betul, tetapi cara mendasar bagaimana uang itu dibuat justru dengan bagaimana bank komersial (commercial banks) menggelontorkan pinjaman terlebih dahulu: manakala sebuah bank memberikan pinjaman, maka akan terjadi deposit ke dalam pemilik akun bank, dengan demikian uang tercipta. Deskripsi tentang bagaimana uang diciptakan ini sangat jauh berbeda dengan kisah ketoprak yang ditulis dalam buku-buku pelajaran ekonomi (economics textbooks) arus utama.

Percaya atau tidak, berikut ini adalah rilis berita resmi dari website Bank of England (News Release on new Quarterly Bulletin) !

Kita sedang membicarakan bagaimana caranya uang itu dibuat atau diciptakan dalam waktu empat (4) tahun terakhir ini. Kami juga menyatakan bahwa buku-buku acuan pelajaran yang digunakan di pelbagai perguruan tinggi tidaklah akurat. Pada akhirnya, terdapat pernyataan resmi yang dimuat oleh dokumen resmi, dan video resmi, yang dapat dibagikan kepada mereka semua, para ekonom, pakar ekonomi, dosen dan ahli di perguruan tinggi, para politisi, dan semua orang yang peduli dan menegakkan kepalanya terhadap persoalan ini ketika kami menjelaskan masalah ini.

Terlampir adalah paper dan video yang dimaksud:

Money in the modern economy: an introduction (531KB) Screen-Shot-2014-03-12-at-15.47.42-650x300

Buletin ini memberikan semacam pengantar mengenai peran uang modern dalam perekonomian modern. Hal ini tidak didasarkan pada suatu asumsi tertentu dalam ilmu ekonomi. Artikel dimulai dengan menjelaskan konsep tentang uang dan bagaimana uang telah menjadi sesuatu yang sangat istimewa di abad modern ini. Kemudian apa saja yang dianggap sebagi uang dalam tatanan ekonomi modern, seperti juga di Inggris di mana 97% uang yang ada di masyarakat berupa deposit di bank, dan bukan uang keras (currency). Paper ini juga menjelaskan pelbagai jenis uang, dari mana nilai uang itu diperoleh dan bagaimana ia diciptakan.

Buku bertajuk “Where Does Money Come From?”, yang ditulis oleh Kepala Riset Positive Money Inggris, Andrew Jackson bahkan dinukil dalam Referensi.

Satu video pendek menjelaskan beberapa topik kunci yang ada dalam artikel ini:

Money in the modern economy: an introduction – Quarterly Bulletin

 

Money creation in the modern economy (111KB)

Artikel pendamping dalam Buletin di atas ini bertajuk ‘Money creation in the modern economy’, menjelaskan proses uang diciptakan secara lebih detil, dan membahas peran kebijakan keuangan dan bank sentral dalam proses tersebut. Untuk keperluan eksposisi, artikel ini menekankan pada kasus di Inggris Raya, tetapi isunya tidak terbatas di Inggris saja, dan relevan untuk konteks perekonomian di hampir semua negara hari ini.

  • Artikel di atas menjelaskan bagaimana mayoritas uang dalam perekonomian modern diciptakan oleh bank komersial melalui pinjaman bank.
  • Penciptaan uang dalam praktiknya sangatlah berbeda dengan konsepsi yang selama ini diketahui  — bank tidaklah bertindak hanya sebagai intermediaries, meminjamkan uang yang dideposit pihak ketiga atau investor yang menabungkan uangnya pada tempat yang aman, yaitu bank, dan bank tidak pula melipatgandakan ‘multiply up’ uang yang ditransfer dari bank sentral melalui utang baru dan deposit baru.

Artikel mengungkap beberapa miskonsepsi tentang bagaimana Quantitative Easing bekerja:

  • Sebagaimana dalam kondisi normal, reserve membuat QE tidak dapat melipatgandakan ‘multiplied up’ menjadi utang atau deposit tambahan.
  • Dan simpanan (reserves) tidak pula bisa dipinjamkan langsung, hanya karena bank komersial lah yang memegang akun dana cadangan reserves.
Money creation in the modern economy – Quarterly Bulletin article

“Utanglah yang menciptakan deposit bukan sebaliknya.”

Sumber: http://www.positivemoney.org/2014/03/bank-england-money-money-creation-modern-economy/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s